Armada KAI Commuter akan menampilkan livery terbarunya tahun 2021

 [05/12] Kalian hidup di sekitar jalur kereta listrik (KRL) di Jabodetabek? Pasti kalian menyadari bahwa beberapa rangkaian KRL milik KAI Commuter (KAIC) telah memiliki tampilan baru yang berbeda dari biasanya.

Tampilan baru ini tentu sedikit lebih segar dari sebelumnya. Selain lebih segar, tampilan baru ini juga lebih ringkas meskipun bagi yang baru pertama kali menyadarinya akan merasa tidak biasa.

Sejak akhir 2020, KAI Commuter mengubah seluruh livery khas mereka yang telah dan masih digunakan sejak 1 tahun silam. Sebelumnya, KAI Commuter juga telah merubah sedikit desain livery khas ini pada tahun 2019 yang lalu. Pada saat itu, komponen bawah diwarnai biru telur asin, namun dengan tone yang normal sehingga biru langit.

Eksterior, bagian yang pasti terlihat

KRL seri 205 rangkaian SLO32, KRL seri 205 pertama yang menjalani program pengecatan ulang KRL tahun 2020 pada bulan Oktober 2020 di Dipo KRL Depok

Di tahun 2020 ini, KAI Commuter mengubah seluruh desain livery khas tersebut dengan munculnya diagonal pada sekitar pintu kabin masinis meskipun setahun tidak terpakai dan diagonalnya tersebut terpisah dengan garis striping samping bagian atas. Selain itu, warna stripingnya pun diubah. Di tahun-tahun sebelumnya, KAI Commuter menggunakan warna merah dan kuning seperti warna livery alfamart. KAI Commuter juga sempat menggunakan warna striping samping atas warna oranye dan warna striping samping tengah putih-oranye-putih-hitam pada KRL seri 205 yang dibawa ke Srowot. Di tahun 2020 ini, KAI Commuter kembali menggunakan warna striping samping atas warna oranye dan warna striping samping tengah putih-oranye-putih-hitam.

Beginilah bocoran-bocoran livery KAI Commuter terbaru tahun 2020

Pasti bertambah

KRL seri 205 rangkaian BUD46, salah satu dari empat rangkaian KRL seri 205 jalur Musashino yang menggunakan tampilan 
livery baru
KRL seri 6000 rangkaian 6132F, salah satu dari dua rangkaian KRL seri 6000 yang menggunakan tampilan livery baru

Hingga 5 Desember 2020, terdapat 6 rangkaian KRL yang telah mengenakan tampilan livery baru KAI Commuter ini. Ke-6 rangkaian KRL tersebut terdiri dari 5 rangkaian KRL seri 205 (SLO9, SLO32, BUD5, BUD46, BUD10), dan satu rangkaian KRL seri 6000 (6132F). livery ini kabarnya akan diterapkan secara bertahap ke seluruh sarana KRL milik KAI Commuter menggantikan livery merah-kuning. Sedangkan untuk rangkaian SLO32 dan SLO9 dengan formasi 4 kereta akan dikirim ke Yogyakarta dalam waktu dekat untuk menunjang operasional Commuter Line Yogyakarta-Klaten yang rencananya akan mulai beroperasi pada November 2020 dan di antara rangkaian-rangkaian yang nantinya akan mengenakan tampilan livery baru ini adalah KRL Tokyo Metro seri 8000 yang akan segera dipensiunkan dari jalur Hanzomon & KRL Commuterline seri EA204

Interior pun memiliki tampilan baru

Motif pelapis jok KRL PAL 2019 dengan gambar KRL seri 8500 rangkaian 8613F “Jalita” yang sudah tiada, dengan motif lain yang mengikuti motif pelapis kursi milik KRL seri 205 di Jepang dan mungkinkah sebagian kursi prioritas di seluruh gerbong dimodif menjadi ruang kursi roda dan gerbong six doors untuk KRL seri 205 dibuat aneh dan juga TV KRL seri 205 dipasang di seluruh armada KAI Commuter seperti di gambar?

Tidak hanya pada eksterior KRL, interior KRL pun tidak lepas dari tampilan baru. Seluruh pelapis kursi diganti dengan motif baru yang mengingatkan kita akan motif asli pelapis kursi KRL seri 205 bawaan Jepang. Warna hijau terang untuk kursi normal, dan warna merah garis abu-abu untuk kursi prioritas.

Bedanya dengan motif bawaan Jepang, motif KCI memiliki gambar muka KRL seri 8500 rangkaian 8613F yang lebih kita kenal dengan nama “Jalita” dengan livery “Ultraman” khasnya yang merupakan livery rangkaian KRL tersebut saat baru beroperasi. Ini menjadi bukti bahwa KCI sangat menghargai sejarah, meskipun “Jalita” kini sudah tidak berwujud karena telah dibesituakan di Stasiun Cikaum, Subang, Jawa Barat pada tahun 2017 yang lalu. dan untuk seluruh gerbong six doors, harus diberi kursinya di pintu dan diacak ulang formasinya agar muat dengan Platform Screen Doors (PSD) yang akan dipasang di seluruh stasiun kereta komuter di seluruh Indonesia dan untuk para difabel yang akan naik krl, harap bersabar karena sebentar lagi KAI Commuter akan memodifikasi sebagian kursi prioritas di seluruh gerbong menjadi ruang kursi roda dan stroller. Dan juga para commuters berharap sabar sebentar lagi KAI Commuter akan memasangi TV mirip KRL seri 205 di seluruh armada KAI Commuter dan dipasangi informasi penunjuk stasiun berikutnya yang berbentuk LCD di atas pintu di setiap gerbong seperti MRT Jakarta.

Bagaimana menurutmu tentang tampilan baru KRL Commuter Line Jabodetabek ini?(Baymi channel)

Referensi







Comments